Tips Cara Memilih Air Minum Kemasan Yang Sehat

Tips Cara Memilih Air Minum Kemasan Yang Sehat

Kebanyakan masyarakat banyak yang tergiur dan tertarik akan barang dalam  kemasan yang menarik, namun perlu anda ketahui kemasan itu bukanlah menjadi jaminan kualitas barang itu baik atau tidak untuk layak di komsumsi. di akhir- akhir ini banyak isu dari masyarakat mengenai kemasan barang yang mengadung bahan – bahan bahaya. terutama kemasan yang berbahan plastik , untuk dari itu kita harus hati – hati dalam memilih makanan atau minuman yang kita komsumsi setiap hari,

Tips Cara Memilih Air Minum Kemasan Yang Sehat

Produk air minum dalam kemasan [AMDK], beberapa waktu lalu dihebohkan oleh isu terkontaminasi bakteri. Beberapa merek terkenal AMDK pun dicurigai produknya tidak higienis dan mengandung bakteri.
Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh para konsumen sebelum mengkonsumsi air minum dalam kemasan agar kita terhindar dari akibat yang tidak diinginkan karena mengkonsumsi air minum tersebut.

Berikut tips memilih air minum dalam kemasan yang sehat

  1. Pastikan label SNI [Standar Nasional Indonesia] sudah tertera pada kemasannya. Mengapa memilih kemasan yang berlabel SNI? Kebanyakan masyarakat tidak memperhatikan apakah kemasan itu berlabel SNI atau tidak , label SNI itu sangat penting, karna apa? karna barang yang sudah ada label SNI itu insyallah sudah aman untuk di gunakan dan sudah memenuhi standar uji laboratorium. Untuk air minum dalam kemasan Nomor SNI nya : 01-3553-2006. Jika sudah ada nomor sertifikasi SNI berarti air tersebut sudah memenuhi standar untuk dikonsumsi dan kualitasnya telah teruji dengan menggunakan laboratorium yang terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), sesuai dengan aturan AMDK dan Standar Nasional Indonesia.Pengujian ini untuk mencegah AMDK memiliki bakteri di atas ambang batas. Karena jika suatu AMDK memiliki bakteri di atas ambang batas, jika dikonsumsi dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan seperti diare dan muntaber.
  2.  Nomor pendaftaran pada Badan Pengawas Obat dan Makan [BPOM}. BPOM adalah lembaga yang memberi advokasi dan pengawasan terhadap peredaran obat dan makanan di Indonesia. Masing-masing merek mempunyai nomor tersendiri dan selalu didahului dengan pasangan huruf MD atau ML. MD berarti produk tersebut buatan dalam negeri, sedangkan ML berarti produk tersebut di produksi di luar negeri alias produk impor. Dengan demikian jika merek air minum kemasan tersebut telah tertera nomor BPOM di kemasannya, berarti air minum tersebut akan selalu diawasi oleh lembaga BPOM dalam peredarannya di masyarakat apakah merek air minum tersebut masih sesuai standard sebagai air minum dalam kemasan yang layak beredar atau tidak.
  3.  Cek tanggal kadaluwarsa produk tersebut [expiration date].yang ini saat penting, biasa nya para penjual itu menjual barang yang sudah melewati batas waktu kadaluwarsa, oleh karena itu, kita harus waspada dan hati – hati , jika membeli barang kita harus lihat dulu, sudah lewat apa belum batas dari tanggal kadaluwarsa sperti yang tertera di kemasannya, jika sudah melewati batas tanggal kadaluwarsa, berarti produk tersebut kondisinya kurang baik lagi dan tidak layak untuk dikonsumsi.
  4.  Konsumen perlu memperhatikan cara penjajaan yang dilakukan penjual. Harus dilihat apakah sudah memenuhi aturan-aturannya, misalnya tidak boleh terkena sinar matahari langsung dan lainnya. Terkadang banyak AMDK yang sebenarnya sudah memenuhi persyaratan saat diproduksi tetapi saat proses penjajaan dan penjualan, kualitasnya telah rusak dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Sekilas informasi mengenai Air Minum Kemasan Yang Sehat

Saat ini banyak sekali / menjamurnya bisnis-bisnis isi ulang air minum, industri air minum dalam kemasan (AMDK) juga menjamur dimana-mana. Berbagai merk yang dibalut dalam kemasan yang bagus serta iming-iming air minum yang mereka produksi berasal dari sumber mata air pegunungan yang jernih. Kesemuanya itu membuat kita banyak pilihan untuk membeli & mengkonsumsi air galon isi ulang & AMDK tersebut.
Gan, ada baiknya kalau Agan menguji kualitas air kemasan atau air dari si penjual galon isi ulang tersebut. Pengujian ini dapat berupa pembelian alat yang disebut sebagai katalisator yang banyak dijumpai di toko-toko bangunan. Secara umum cara kerja alat ini adalah dengan memanaskan air menggunakan arus listrik sampai dengan suhu 180 derajat Celcius. Dari proses pemanasan ini mengakibatkan senyawa H2O yang tekandung dalam air akan terlepas & membentuk gumpalan. Naah,, gumpalan inilah Gan yang sebenarnya adalah zat yang tidak dapat terserap oleh tubuh yang dalam jangka panjang akan membahayakan tubuh manusia. Semakin banyak gumpalan yang terbentuk,semakin berbahaya air tersebut untuk dikonsumsi oleh tubuh.
Cara lain yang lebih akurat untuk menguji air berkualitas adalah dengan cara membawa sampel air ke laboratorium untuk diteliti.

Bagi bapak/ibu semua, yang sedang mencari / membutuhkan alat filter penjernih air dan kemasan galon atau kemasan lainnya dengan harga yang cukup murah dan kompetitif, silahkan menghubungi ke Nomor Telpon Kontak Layanan CS Kami Disini

Sumber Artikel 1 > sanfordlegenda*blogspot*com
Sumber Artikel 2 > Disini