Penjelasan 6 Jenis Air Minum Berserta Manfaat Dan Resikonya

Penjelasan 6 Jenis Air Minum Berserta Manfaat Dan Resikonya
5 (100%) 3 vote[s]

Penjelasan 6 Jenis Air Minum Berserta Manfaat Dan Resikonya

Air minum merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia. Sebab, konsumsi air sehari-hari dapat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, mengontrol kalori, meningkatkan energi, membantu mengeluarkan racun, hingga menjaga fungsi ginjal.Mungkin masih banyak yang belum menyadari bahwa air minum ada banyak jenisnya.
Penjelasan 6 Jenis Air Minum Berserta Manfaat Dan Resikonya
Barbagai jenis air minum dalam kemasan (AMDK) atau air mineral menjejali berbagai toko. Mulai dari toko kelontong, mini market, hingga pasar swalayan.

Banyaknya jenis air minum, masing-masing produk pun mengklaim memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang tidak dimiliki air minum lainnya. Sebenarnya mana yang benar?

Seperti dilansir lifehack, terdapat setidaknya enam jenis air minum yang tersedia di zaman sekarang ini, beserta manfaat kesehatannya berdasarkan sejumlah penelitian.

Berikut adalah 6 jenis air minum beserta manfaat kesehatannya berdasarkan sejumlah penelitian.

1. Air keran/ air ledeng
Air keran adalah jenis air yang keluar dari saluran keran air Anda. Di sebagian besar negara, air keran biasanya dipasok dan dikendalikan oleh otoritas pemerintah setempat.

Jenis air ini dapat digunakan oleh semua orang. Hal ini umumnya aman untuk hal-hal seperti memasak, membersihkan, dan mencuci pakaian.
Penjelasan 6 Jenis Air Minum Berserta Manfaat Dan Resikonya

Manfaat dan resikonya:

  • Manfaat terbesar: Murah, mudah diakses bagi kebanyakan orang, dan biasanya merupakan sumber air yang aman.
  • Risiko dan masalah: Air keran umumnya aman untuk diminum, tetapi beberapa penelitian baru-baru ini menimbulkan kekhawatiran. Misalnya, Environmental Working Group(Kelompok Kerja Lingkungan) melakukan penelitian selama 5 tahun dengan melihat kualitas air keran di Amerika Serirkat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa air keran yang dipasok ke 50 negara bagian mengandung lebih dari 500 kontaminan berbeda.

2. Air botol
Air botolan atau air minum dalam kemasan (AMDK) adalah air yang dimurnikan secara portabel. Air ini dapat Anda beli dengan mudah setiap kali Anda haus.
Penjelasan 6 Jenis Air Minum Berserta Manfaat Dan Resikonya

Hampir semua orang membeli jenis air ini karena dinilai sebagai sumber air yang baik untuk minum.

Manfaat dan resikonya:

  • Manfaat terbesar: Cara yang sangat nyaman untuk mengakses air minum yang bersih dan aman.
  • Risiko dan masalah: Beberapa merek air besar telah mengakui bahwa air botolan mereka tidak lebih dari air keran yang disaring.
  • Masalah terbesar: Biaya lingkungan. Penciptaan air minum dalam botol sangat boros ketika dibutuhkan sekitar 3 liter air hanya untuk menghasilkan 1 liter. Juga, plastik sangat sulit untuk didaur ulang. Ini berarti bahwa botol plastik Anda kemungkinan akan memakan banyak tempat di TPA. Atau lebih buruk lagi, itu mungkin berakhir di lautan dan meracuni bukan hanya air tetapi juga margasatwa.

3. Air sulingan
Air suling kadang-kadang disebut air demineralisasi atau deionisasi. Ini adalah air yang memiliki segala yang dibuang termasuk ion dan mineral.

Air Sulingan adalah bentuk air paling murni yang bisa Anda dapatkan. Secara harfiah tidak ada apa pun di dalamnya (baik dan buruk). Ini berarti tidak mengandung kontaminan, bakteri, mineral atau nutrisi.

Tingkat kemurniannya yang tinggi membuatnya menjadi air pilihan di tempat-tempat seperti laboratorium dan pabrik. Jenis air ini juga bagus jika Anda ingin minum air yang benar-benar murni.
Penjelasan 6 Jenis Air Minum Berserta Manfaat Dan Resikonya

Manfaat dan resikonya:

  • Manfaat terbesar: Air suling memiliki tingkat kemurnian tertinggi dan hampir steril.
  • Risiko dan masalah: Tidak ada risiko berbahaya yang terkait dengan air suling karena sangat bersih. Namun, beberapa laporan kesehatan menunjukkan bahwa mungkin tidak baik untuk selalu minum air yang benar-benar kosong dari mineral dan nutrisi yang sehat.

4. Air hidrogen
Ini adalah air yang mengandung molekul hidrogen yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Klaimnya adalah molekul-molekul ini mampu membantu tubuh Anda menetralisir radikal bebas berbahaya yang berkontribusi terhadap perkembangan penyakit, mengurangi peradangan dan memperlambat penuaan.

Air ini digemari mereka yang sangat sadar dengan kesehatan dan senang mengeluarkan uang ekstra untuk sesuatu yang mungkin memiliki manfaat kesehatan.
Penjelasan 6 Jenis Air Minum Berserta Manfaat Dan Resikonya

Manfaat dan resikonya:

  • Manfaat terbesar: Hype seputar air hidrogen didasarkan pada studi serius yang dilakukan pada tikus. Studi menunjukkan bahwa jenis air ini memiliki efek anti-inflamasi ringan, terutama pada perkembangan penyakit seperti Parkinson.
  • Risiko dan masalah: Banyak klaim kesehatan besar masih tidak meyakinkan ketika penelitian serupa dilakukan pada manusia. Namun, beberapa klaim kesehatan disajikan sebagai fakta meskipun tidak ada jaminan. Juga, semua hype membuat jenis air ini sangat mahal untuk dibeli.

5. Air alkali
Air Alkali adalah air yang berada pada tingkat pH 8 ke atas, yang lebih tinggi dari pH air biasa. Ini menjadi lebih populer karena penelitian menunjukkan bahwa diet alkalin umumnya baik untuk kesehatan.
Penjelasan 6 Jenis Air Minum Berserta Manfaat Dan Resikonya

Semua orang bisa mengkonsumis jenis air ini karena minum air alkali umumnya dianggap aman.

Manfaat dan resikonya:

  • Manfaat terbesar: Tubuh manusia tumbuh subur ketika mampu mempertahankan pH yang sedikit basa. Mengkonsumsi air alkali mungkin dapat membantu dalam hal ini.
  • Risiko dan masalah: Sebuah laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan terhadap air minum secara teratur yang memiliki kandungan mineral yang rendah. Air alkali cenderung rendah pada mineral dan nutrisi.

6. Air mendidih
Merebus air Anda adalah salah satu cara termurah dan paling efektif untuk memurnikan air Anda. Ini karena menempatkan air pada suhu di atas 185 ° F (85 ° C) akan membunuh sebagian besar patogen dalam beberapa menit.
Penjelasan 6 Jenis Air Minum Berserta Manfaat Dan Resikonya
Air matang biasanya bersih, aman dan sehat untuk diminum.

Manfaat dan resikonya:

  • Manfaat terbesar: Ini adalah cara yang bagus untuk memurnikan air yang tidak terkontaminasi.
  • Risiko dan masalah: Air mendidih tidak akan memurnikan air yang terkontaminasi dengan hal-hal seperti timbal, pestisida, nitrat dan bahan kimia lainnya. Selain itu, beberapa orang tidak suka “rasa datar” yang kadang-kadang datang dengan air matang. (Dhiya Awlia Azzahra)

Sekilas tentang cara memilih air minum yang baik

  • Perhatikan suhu saat membeli
  • Lihat bentuk kemasan
  • Perhatikan lingkungan penyimpanan
  • Lihat tanggal kedaluwarsa
  • Perhatikan warna dan bau air
  • Kocok terlebih dahulu
  • Harus terdaftarLihat komposisi

Bagi bapak/ibu semua, yang sedang mencari / membutuhkan alat filter penjernih air / mesin-mesin yang berhubungan dengan air  dengan harga yang cukup murah dan kompetitif, silahkan menghubungi ke Nomor Telpon Kontak Layanan CS Kami Disini

Sumber Artikel 1 > www*pikiran-rakyat*com
Sumber Artikel 2 > Disini