3 Mitos Dan Fakta Mengenai Air Es Yang Bikin Gemuk

Posted on
3 Mitos Dan Fakta Mengenai Air Es Yang Bikin Gemuk
5 (100%) 1 vote

3 Mitos Dan Fakta Mengenai Air Es Yang Bikin Gemuk

Mungkin Anda pernah mendengar seorang teman mengatakan, ‘Eh kalau minum air es nanti gemuk lho’. Bagi sedang menurunkan berat badan hal itu bisa bikin panik. Namun, benarkah minum air es bikin gemuk?Minum air es usai makan memang jadi kebiasaan sebagian orang. Katanya, minum air es terasa lebih menyegarkan dibanding air suhu ruangan.

Saat cuaca sedang panas, air es jadi seperti oase di tengah gurun. Minum es rasanya bisa menghilangkan dahaga lebih cepat daripada minum air hangat ketika kita kegerahan. Tapi, air es, kan, bikin gemuk? Moms juga tentu pernah mendengar tentang bahaya minum air es saat haid. Benarkah? Cari tahu jawabannya di sini, yuk!
3 Mitos Dan Fakta Mengenai Air Es Yang Bikin Gemuk

Berikut adalah 3 Mitos Dan Fakta Mengenai Air Es Yang Bikin Gemuk

1. Air Es Bikin Gemuk
Ucapan “Jangan sering-sering minum air dingin. Bikin gemuk, lho!” mungkin sering Moms dengar. Namun jangan khawatir, karena ini anggapan yang salah. Mitos ini timbul karena banyak orang mengonsumsi makanan berlemak lalu minum es, kemudian merasa tidak nyaman karena lemak di sela-sela gigi, lidah, dan rongga mulut membeku. Hal ini yang menimbulkan pemikiran bahwa air es juga akan membekukan lemak di dalam tubuh, sehingga membuat kita jadi gemuk.

Faktanya, Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menemukan bahwa air dingin yang dikonsumsi justru akan menaikkan suhu tubuh. Ini berarti air es tidak mungkin membekukan lapisan lemak dalam tubuh. Tapi, es bisa membuat tubuh gemuk kalau dicampur dengan sirop, gula, atau makanan dan minuman manis lainnya. Es campur atau es krim, misalnya. Jadi, yang bikin Moms gemuk bukan air esnya, melainkan bahan tinggi kalori lain yang digunakan.
3 Mitos Dan Fakta Mengenai Air Es Yang Bikin Gemuk
2. Minum Air Dingin Turunkan Suhu Tubuh Saat Kepanasan
Saat merasa kepanasan, Anda pasti merasa haus. Rasa haus ini sebenarnya adalah respons tubuh yang membutuhkan cairan untuk mendinginkan suhu tubuh. Jika selama ini berpikiran air dingin adalah pilihan yang tepat saat kepanasan, ada studi terbaru yang menarik mengenai hal ini. University of Ottawa justru menemukan bahwa dalam kondisi tertentu, minuman hangat adalah pilihan terbaik untuk mendinginkan suhu tubuh. Ini karena air hangat akan memicu pengeluaran keringat sehingga suhu tubuh akan lebih cepat menurun. Air dingin justru membuat keringat cepat berhenti, bahkan sebelum suhu tubuh menurun.

3. Tidak Boleh Minum Air Es Saat Haid
Nah, mitos tentang air es ini juga termasuk salah satu yang tertua dan terpopuler. Mitos mengatakan bahwa air es akan menyebabkan darah haid tidak keluar semua dan tersisa di dinding rahim. Darah haid yang tersisa di dinding rahim bisa menjadi miom, kista, hingga kanker rahim. Ternyata ini juga mitos, karena menstruasi berhubungan erat dengan estrogen. Faktor hormonal dan psikologis adalah faktor yang berpengaruh pada darah yang keluar saat haid. Jadi sekali lagi, bukan air es! Jika Moms tidak ada keluhan sakit perut, kembung, mulas, atau apapun saat menstruasi, minum air es saat haid tidak dilarang, kok.

Air es juga memiliki berbagai manfaat yang belum anda ketahui

1. Segelas Air Dingin Saat Bangun Tidur.
2. Normalkan Suhu Tubuh
3. Saat Habis Olahraga
4. Mengatur Metabolisme Tubuh
5. Normalkan Detak Jantung.
6. Cegah Pusing dan Kebingungan
7. Menurunkan Berat Badan
8. Mencegah Dehidrasi
9. Meningkatkan Kinerja
10. Cegah Kraam Otot.
11. Membersihkan Usus.
12. Menambah Darah dan Mengurangi Kekentalan Darah.
13. Ginjal Sehat.
14. Air untuk Diet.

Bagi bapak/ibu semua, yang sedang mencari / membutuhkan alat filter penjernih air dan alat yang berhungan dengan air dengan harga yang cukup murah dan kompetitif, silahkan menghubungi ke Nomor Telpon Kontak Layanan CS Kami Disini

Sumber Artikel 1 > www*orami*co*id
Sumber Artikel 2 > Disini